Gerakan gym di rumah

Mencegah Obesitas dengan Gerakan Gym di Rumah, Ini Tipsnya

Mencegah Obesitas dengan Gerakan Gym di Rumah. Kini Anda bisa tetap bugar dengan latihan ala gerakan gym di rumah tanpa harus berlangganan di pusat kebugaran. Dengan begitu Anda tak perlu menyisihkan budget tambahan untuk pergi ke tempat gym. Apalagi jika harus membayar jasa seorang personal trainer. Tentunya biaya yang dikeluarkan akan semakin membengkak.

Kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat kini kian bertambah. Itulah mengapa masyarakat sekarang sebisa mungkin meluangkan waktunya untuk berolahraga. Namun terkadang masih ada pula yang meninggalkan olahraga dengan berbagai alasan. Misalnya tidak sempat atau tidak ada waktu. Padahal waktu yang diperlukan untuk olahraga tak harus lama.

Merasa tidak punya waktu untuk berolahraga? Anda bisa latihan fisik layaknya orang fitness di rumah. Selain menghemat biaya, cara ini bisa Anda lakukan kapan saja di waktu senggang. Meluangkan waktu 15-30 menit saja sudah cukup. Inilah gerakan gym di rumah yang bisa Anda praktikkan untuk mencegah terjadinya obesitas.

Latihan Menangkat Beban

Mencegah Obesitas dengan Gerakan Gym di Rumah

Mengangkat Beban

Angkat beban menjadi salah satu ciri khas gerakan di gym. Anda juga bisa melakukannya di rumah dengan menyediakan dumbbell. Dumbbell yang dipakai beragam, mulai dari 1 kg hingga 7 kg bahkan lebih. Beban dumbbell bisa disesuaikan dengan jenis latihan yang Anda inginkan. Untuk pemula harus memulai dengan dumbbell yang ringan.

Angkat beban secara teratur bisa melatih dan meningkatkan kekuatan otot tubuh. Cara ini juga dinilai efektif menghilangkan lemak di area tubuh seperti lengan, perut, paha, dan bagian lainnya. Mencegah Obesitas dengan Gerakan Gym di Rumah ini tak membutuhkan banyak peralatan namun tetap ampuh untuk terhindar dari obesitas.

Gerakan Plank

Mencegah Obesitas dengan Gerakan Gym di Rumah

Gerakan Plank

Plank merupakan salah satu gerakan fitness yang popularitasnya semakin menanjak. Pasalnya gerakan yang satu ini hanya memanfaatkan berat tubuh Anda sendiri. Sehingga tidak perlu alat tambahan seperti dumbbell. Titik tumpu gerakan plank ada di bagian tangan dan kaki. Sedangkan fokusnya yaitu pada kekuatan otot perut.

Plank yang dilakukan secara rutin dapat melatih kekuatan otot bahu, perut, lengan, dan paha. Cara melakukannya yaitu badan tengkurap menghadap matras atau lantai. Lalu siku ditekuk ke lantai sehingga menjadi tumpuan. Posisi plank menyerupai posisi push up. Namun plank hanya menahan posisi badan di atas, tidak naik turun seperti push up.

Durasi yang diperlukan untuk melakukan plank tidak perlu lama. Meskipun kelihatannya mudah, namun Mencegah Obesitas dengan Gerakan Gym di Rumah yang satu ini termasuk latihan yang berat. Untuk pemula biasanya hanya mampu bertahan 10 detik saja. Jika sudah terlatih, naikkan level dan tambah durasi hingga 1 menit atau lebih.

Gerakan Squat

Mencegah Obesitas dengan Gerakan

Gerakan Squat

Melakukan Gerakan fitness lainnya yang patut Anda coba di rumah adalah squat. Cara melakukan squat cukup mudah. Gerakan ini diawali dari posisi berdiri tegak dengan kedua kaki dibuka selebar bahu. Kemudian lutut ditekuk rendah dan bagian pantat didorong ke bawah. Namun posisi punggung tetap tegak dan pandangan lurus.

Latihan squat bisa meningkatkan kekuatan otot terutama otot bagian paha dan kaki. Melakukan squat secara rutin bisa membakar lemak di paha. Sehingga bagian paha, kaki, dan pantat akan lebih kencang. Anda juga bisa mengimbangi dengan latihan lain seperti push up, chair dip, dan yang lainnya.

Obesitas bisa terjadi karena perilaku gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat. Untuk mencegah terjadinya obesitas, Anda bisa memulainya dari sekarang dengan rutin berolahraga. Tak perlu olahraga yang mahal, Anda bisa melakukannya di rumah. Mencegah Obesitas dengan Gerakan Gym di Rumah yang efektif dan efisien sangat cocok bagi siapa saja.