Mengenal Teknologi 5G! Tujuan, Cara Kerja dan Bahayanya

Mengenal Teknologi 5G! Tujuan, Cara Kerja dan Bahayanya

Mengenal Teknologi 5G atau teknologi jaringan nirkabel generasi kelima saat ini sudah mulai dikembangkan oleh banyak pihak. Jaringan ini merupakan andalan industri telekomunikasi seluler di seluruh dunia. Banyak perusahaan jaringan seluler yang mengandalkan jaringan ini untuk mempercepat koneksi jarak jauh. Dengan begitu setiap orang bisa lebih cepat mendapatkan informasi.

Teknologi jaringan seluler generasi kelima ini membawa konsep kecepatan sebagai keunggulan. Sebenarnya rencana dan konsep teknologi sudah dibicarakan beberapa tahun lalu. Tahun ini rencana tersebut sudah banyak dikembangkan menjadi sebuah tujuan besar, terutama bagi industri jaringan seluler. Pada akhirnya teknologi ini sudah diciptakan oleh beberapa pihak.

Namun bagaimana sebenarnya mengenal teknologi 5G ini? masih belum ada perbandingan yang pasti dengan teknologi sebelumnya. Ini karena teknologi generasi kelima masih belum digunakan secara global. Hanya beberapa negara maju saja yang sudah menerapkan teknologi tersebut. namun dengan dukungan yang ada, tidak menutup kemungkinan bahwa dalam waktu dekat teknologi ini berkembang.

Tujuan dari Teknologi Ini

Mengenal Teknologi 5G! Tujuan, Cara Kerja dan Bahayanya

Tujuan dari Teknologi Ini

Mengenal Teknologi 5G diprediksi akan mengandalkan kecepatan dalam dunia telekomunikasi. Teknologi nirkabel ini berbentuk gelombang radio yang terbagi dalam beberapa frekuensi seperti aeronautical, sinyal navigasi kapal, televisi, maupun telepon. Teknologi ini sendiri akan diatur oleh International Telecomunication Union (ITU) sehingga ada rekonstruksi pada gelombang radio secara komprehensif.

Kecepatan adalah konsep yang dibawa ketika teknologi ini dikembangkan. Pendahulunya, teknologi 4G, memang sudah memiliki kecepatan yang sangat luar biasa dalam urusan transfer data. Teknologi generasi kelima bahkan diprediksi akan memiliki kecepatan transfer data hingga 1 mili detik dan ini akan jelas mempengaruhi kehidupan manusia di masa depan.

Cara Kerjanya

Mengenal Teknologi 5G! Tujuan, Cara Kerja dan Bahayanya

Cara Kerja Teknologi 5G

Untuk membentuk teknologi jaringan generasi kelima tersebut, ada 5 jaringan yang dibangun untuk pondasinya. Kelima teknologi tersebut adalah Gelombang Milimeter, Beamforming, Byte Duplex penuh, jaringan sel kecil, dan Multiple Input Multiple Output masif. Dengan adanya gelombang milimeter yang memiliki frekuensi dan spektrum nirkabel hingga 300 Ghertz, teknologi ini bisa beroperasi.

Gelombang milimeter ini membutuhkan jaringan sel kecil dari Base Transfer Station (BTS). BTS sendiri merupakan infrastruktur atau menara yang akan membantu komunikasi nirkabel antara operator dengan perangkat komunikasi. Menara BTS ini tersebar di seluruh dunia sehingga memudahkan dan mempercepat transfer data bagi semua orang.

Jaringan sel kecil sendiri akan memanfaatkan Multiple Input Multiple Output (MIMO) sehingga memungkinkan ada penambahan port pada menara BTS. Kecepatan yang tinggi serta potensi yang rendah memungkinkan transfer data yang lebih cepat sehingga teknologi 5G akan lebih efektif. Tentu saja ini karena jaringan sel kecil dan MIMO yang masif.

Bahaya yang Ada

Mengenal Teknologi 5G! Tujuan, Cara Kerja dan Bahayanya

Bahaya Yang Ada Terdapat pada Teknologi 5G

Konsep pengembangan teknologi generasi kelima ini nyatanya juga memicu berbagai bahaya. Teknologi 5G menggunakan gelombang milimeter. Namun ternyata gelombang ini mudah terserap pada banyak benda, baik benda mati maupun benda hidup. Karena itulah radiasi gelombang ini sangat berbahaya bagi tubuh. Bahkan gelombang ini meningkatkan tumor pada otak dan adrenalin.

Privasi pengguna juga terancam karena teknologi ini memanfaatkan banyak menara BTS. Dengan begini, pihak yang tidak bertanggung jawab bisa dengan mudah melacak pengguna, baik itu lokasi, data diri, atau sejenisnya. Transfer data juga akan terancam adanya manipulasi karena ada akses yang luas dari penyedia teknologi ini.

Namun demikian, teknologi generasi kelima tetap akan memberikan manfaat besar bagi kehidupan manusia. Kecepatan transfer data akan lebih cepat dan dengan demikian informasi akan lebih cepat didapatkan. Meskipun begitu, perlu perbaikan dan pengembangan pada teknologi 5G sehingga bahaya yang ditimbulkan bisa di minimalisir.