Teknologi Block Chain, Berikut Beragam Manfaatnya

Teknologi BlockChain, Berikut Beragam Manfaatnya

Pernahkah Anda mendengar teknologi block chain? Pada dasarnya teknologi ini merupakan teknologi pencacatan transaksi yang terintegrasi dengan teknologi modern. Yang lebih menarik adalah enkripsi data ini sangat kuat. Dengan enkripsi yang kuat tersebut, maka data hanya bisa dibaca dan ditambahkan namun data tidak bisa diubah.

Teknologi ini memanfaatkan kryptography yang membuat data hanya bisa dibaca dan ditambahkan tanpa bisa diubah. Dengan cara seperti ini blockchain menawarkan sistem untuk berbagai data informasi yang aman dan terpercaya. Blockchain ibarat sebuah buku utama yang mencatat seluruh transaksi secara permanen dan menyebarkannya  kepada seluruh jaringan blockchain.

Sebenarnya teknologi block chain sudah dikembangkan pada tahun 2009 karena ada keresahan terhadap cara kerja perangkat lunak yang terlalu tersentralisasi. Kemudian blockchain mulai diimplementasikan pada mata uang virtual bitcoin. Jika internet tergantung dari DNS sebagai pusat server, namun blockchain bisa berjalan dengan baik tanpa ketergantungan dengan server manapun.

Manfaat yang Didapat dari Block Chain

Teknologi Block Chain, Berikut Beragam Manfaatnya

Manfaat yang Didapat dari Block Chain

Salah satu manfaat teknologi block chain adalah tidak memerlukan pihak ketiga untuk melakukan sebuah transaksi. Biasanya ketika Anda melakukan transaksi, baik belanja online atau membayar tagihan, ada pihak bank sebagai pihak ketiga yang membantu proses transaksi. Namun dengan blockchain, Anda tidak perlu bantuan pihak ketiga.

Blockchain tidak memerlukan pihak ketiga sebagai pusat karena teknologi ini mengandalkan jaringan komputer yang tersebar luas. Dengan cara seperti ini akan meminimalisir risiko terjadi pembobolan. Selain itu kekuatan utama dari blockchain adalah pengelolaannya dipegang oleh banyak pihak dan disebarkan secara publik sehingga data transaksi bisa di cek secara realtime.

Karena itulah dengan menggunakan teknologi tersebut bisa menghindari tindakan korupsi. Data yang ditampilkan ke publik secara realtime akan terlihat langsung bagaimana riwayat transaksi berjalan. Dengan begitu orang yang akan melakukan tindakan korupsi pasti berpikir ulang untuk melakukan tindakan tersebut, terutama jika tidak ingin nama baiknya tercemar.

Bukan Hanya Mata Uang Digital

Teknologi Block Chain, Berikut Beragam Manfaatnya

Bukan Hanya Mata Uang Digital

Cara kerja dengan basis data yang terdesentralisasi membuat transaksi lebih aman, cepat, dan murah. Karena sifatnya yang bersifat permanen, maka blockchain bisa diterapkan untuk aset kepemilikan, seperti sertifikat, perhiasan, hingga hasil pemilu. Memang blockchain sangat bermanfaat bagi dunia keuangan, terlebih lagi teknologi ini di eksplorasi pertama kali oleh sektor keuangan.

Sebagai contoh, Bank OCBC melakukan transfer antar cabang Singapura dan Malaysia tidak sampai memakan waktu 10 menit. Bank Santander yang memanfaatkan teknologi ini bahkan melakukan penghematan sebesar US$ 20 milyar selama setahun. Teknologi Block chain mampu memberikan seluruh akses kemudahan bagi sektor keuangan dan bahkan mampu menghemat biaya operasional.

Bisa Diterapkan Pada Sektor Lain

Teknologi Block Chain, Berikut Beragam Manfaatnya

Bisa Diterapkan Pada Sektor Lain

Teknologi block chain bukan hanya memberikan kemudahan pada sektor keuangan, namun juga pada sektor pendidikan, kesehatan, bahkan pemerintahan. Sony Global Education berkolaborasi dengan IBM membuat sertifikat kelulusan serta artikel dalam jaringan blockchain. Dengan cara seperti ini maka ijazah bisa lebih aman karena tidak akan hilang maupun rusak.

Di bidang kesehatan, catatan medis seorang pasien yang dimasukan dalam jaringan blockchain bisa diakses oleh rumah sakit lain ketika pasien tersebut dirawat. Di bidang pemerintahan jaringan blockchain bisa diterapkan untuk data hasil pemilu. Dengan begitu hasil tidak akan bisa dimanipulasi.

Perkembangan teknologi ini dimasa depan akan membuat transfer data informasi akan lebih mudah. Semua pihak yang tergabung dalam jaringan blockchain bisa melihat data dadu online informasi yang dimasukan. Dengan cara seperti inilah hal-hal yang tidak diinginkan seperti manipulasi, pembobolan, hingga korupsi bisa diatasi dengan Teknologi block chain.