Teknologi Kecerdasan Buatan yang Semakin Berkembang

Teknologi Kecerdasan Buatan yang Semakin Berkembang

Teknologi kecerdasan buatan saat ini sudah banyak berkembang dan membantu banyak sektor. Ada yang mengatakan bahwa ini bukan merupakan sebuah teknologi, namun ketika sudah menyentuh titik tertentu akan membentuk rangkaian teknologi modern yang membantu berbagai sektor. Karena itulah teknologi ini banyak dikembangkan dan di aplikasikan dalam berbagai bidang.

Mungkin banyak dari Anda yang mengira bahwa kecerdasan buatan hanya ada pada robot. Pendapat Anda memang tidak sepenuhnya salah karena memang banyak robot yang menggunakan kecerdasan buatan untuk tugas tertentu. Namun sebenarnya kecerdasan buatan banyak juga dikembangkan dalam berbagai sektor, seperti analis objek tertentu sehingga memunculkan hasil yang diinginkan.

Sifat dari teknologi kecerdasan buatan adalah dengan menganalisis sebuah masalah dan mencari tahu jawaban dengan presentase tertinggi. Teknologi ini akan melihat peluang terbesar dalam mencapai tujuan tertentu dan dengan begitu hasil maksimal bisa didapatkan. Karena itulah kecerdasan buatan pada dasarnya mengambil konsep dari karakteristik pikiran manusia.

Awal Mula Teknologi 

"<yoastmark

Sebenarnya teknologi kecerdasan buatan sudah dirintis jauh sebelum era teknologi komputasi berkembang pesat seperti saat ini. Menjelang pertengahan abad 20, teknologi mulai dikembangkan dengan baik dan pada masa inilah kecerdasan buatan mulai dikembangkan. Istilah Artificial Intelligence (AI) juga muncul pada pertengahan abad 20.

Tujuan Adanya Kecerdasan Buatan

Kecerdasan buatan dikembangkan dengan tujuan untuk membuat teknologi komputasi meniru cara kerja otak manusia dengan tingkat kesuksesan yang tinggi. Dalam tingkat tertentu teknologi kecerdasan buatan bahkan mampu menggantikan peran manusia dalam beberapa bidang. Dengan algoritma yang terstruktur, maka teknologi ini akan meminimalisir kesalahan seperti yang dilakukan oleh manusia.

Beragam Jenis Kecerdasan Buatan

"<yoastmark

Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan sendiri dibagi menjadi beberapa jenis. Hingga saat ini sudah ada 4 jenis kecerdasan buatan, Reactive Machines, Limited Memory, Theory of Mind, dan Self Awareness. Setiap jenis umumnya memiliki fungsi masing-masing dengan tujuan untuk memudahkan pekerjaan manusia baik dalam hal fisik maupun non-fisik.

Reactive Machines sendiri merupakan jenis teknologi kecerdasan buatan yang memberikan kemampuan prediksi kepada perangkat. Namun jenis ini tidak mampu memberikan ingatan masa lalu. Artinya ketika kecerdasan buatan ini digunakan, dia hanya bisa melihat melalui prediksi untuk menentukan langkah terbaik. Contoh dari kecerdasan buatan ini adalah Deep Blue dari GoogleGOGO.

Limited Memory ini mampu mengingat pengalaman masa lalu untuk informasi di masa depan. Namun kecerdasan buatan ini hanya memiliki memori yang terbatas dan hanya dalam konteks tertentu. Sebagai contoh, kecerdasan buatan Memory Limited banyak dikembangkan pada mobil self-driving dimana sudah ada ingatan masa lalu tentang berkendara.

"<yoastmark

Theory of Mid mungkin merupakan kecerdasan buatan yang belum ada hingga sekarang, namun konsepnya sudah ada. Perangkat dengan kecerdasan buatan ini akan memiliki keyakinan maupun keinginan seperti manusia. Jika memahami konsep ini mungkin Anda akan ingat dengan film Therminator ataupun Transformer.

Sedangkan untuk Self Awareness merupakan jenis kecerdasan buatan yang mampu melihat situasi dan kondisi pada lingkungan sekitar. Dengan cara ini perangkat bisa menentukan keadaan seperti apa yang dirasakan oleh orang lain. Jenis kecerdasan buatan ini ada pada teknologi robot Sophia.

Dimasa mendatang, kecerdasan buatan mungkin saja akan mengalahkan penciptanya. Ambisi yang besar tentu tidak akan bermanfaat jika tidak diimbangi dengan kebijaksanaan. Banyak pihak yang mengkhawatirkan jika teknologi kecerdasan terlalu berkembang, ini bisa saja mematikan daya pikir manusia itu sendiri karena semua kebutuhan sudah terbantu.